Jumat, 29 April 2016

RPS Seminar Fisika


SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                : Seminar Fisika
Kode Matakuliah        : FIS-3627
Semester / Sks             : VI ( 2 SKS)
Pengampu                   : Drs. Partono, M.Pd..

Deskripsi Matakuliah :
Pembahasan suatu topik fisika/pembelajaran fisika (atau aplikasi pembelajaran atau teori pembelajaran fisika) oleh mahasiswa secara mandiri, sebagai pengembangan dan pendalaman materi perkuliahan yang dibahas dengan cara kajian pustaka dan ditulis dalam bentuk makalah dan diuji dalam forum seminar. Topik-topik fisika /pendidikan fisika tersebut dapat dipilih mahasiswa sendiri atau yang disarankan oleh pembimbing.

Tujuan Perkuliahan :
1.      Mengidentifikasi tentang permasalahan dalam bidang fisika atau pendidikan/peng-ajaran fisika.
2.      Menyusun proposal seminar dengan memperhatikan kriteria penulisan karya ilmiah yang berlaku.
3.      Mendeskripsikan variabel, instrumen, deskripsi, analisis data, dan penarikan simpulan.
4.      Mengevaluasi alur berpikir (rasional) dalam penentuan solusi pada proposal penelitian atau makalah seminar.

Materi dan Program Perkuliahan :
1.      Identifikasi fenomena aktual menjadi masalah sehingga menuntut solusi.
2.      Sistematika, bahasa dan tata tulis karya ilmiah (rencana penelitian atau makalah seminar)
3.      Kajian pustaka dan rekonstruksi ide/gagasan variabel
4.      Teknik penyusunan instrumen dan validasi data
5.      Identifikasi alur berpikir/metode pemecahan masalah dalam proposal penelitian atau makalah seminar.

Matakuliah seminar fisika ini dilaksanakan selama satu semester dengan program perkuliahan yang tercermin dalam pertemuan sebagai berikut :
Pertemuan
Bahan Sajian
Metode
1
Orientasi ruang lingkup strategi pembelajaran metode penelitian  pendidikan, identifikasi kebutuhan belajar dan materi pembelajaran.
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Presentasi

2
Identifikasi fenomena actual pendidikan fisika atau sains fisika sehingga menjadi permasalahan yang layak diseminarkan.
3
Sistematika, bahasa dan tata tulis makalah/propo-sal seminar.
4
Rekonstruksi teori, hipotesis, dan penarikan simpulan/pengujian hipotesis
5
Identifikasi masalah:
Bedah proposal rencana penelitian atau makalah seminar.

6-8
Ekspose/review : Hasil kerja kelompok bedah proposal penelitian/makalah seminar.
9
Ujian Tengah Semester UTS)
Tes
10-13
Presentasi dan pembahasan makalah/usulan penelitian bidang teknologi dan pembelajaran fisika.
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Presentasi
14-15
Presentasi dan pembahasan makalah/usulan penelitian bidang sains fisika.
16
Ujian Akhir Semester (UAS)
Tes

Referensi :
DP3M. 2003. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Edisi VII. Jakarta: Dirjen Dikti.
Babble, E. (1986). The Practice of Social Research. Belmont, California: Wadsworth Publishing Co.
Bogdan, R. C. and Bikken, S. K. (1982). Qualitative Research for Educcation: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon Inc.
Creswell, J. W. (1994). Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches.London: Sage Publications.
Fowles, J. (1984). Handbook of Fuutures Research. London: Greenwood Press.
Lincoln, Y. S. and Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. London: Sage Publications.
McTaggart, R. (1993). Action Research: A Short Modern History. Victoria, Australia: Deakin University.
Moleong, L. Y. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Penerbit Remaja Rosdakarya.
Riyanto, Y. (2001). Melodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.
Sudjana, D. (2001). Penilaian Dalam Manajemen Program Pendidikan. Bandung: CV Fallah Production.
Sudjana, N. dan Ibrahim (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algesindo.
Suryabrata, S. (2000). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tim Pelatih Proyek PGSM (1999). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Rese(irch). Jakarta: Depdiknas, Proyek PGSM.

Tugas Kelompok :
Membedah alur berpikir dalam penetapan solusi, tata tulis, ketepatan teknik dan validasi instrumen, analisis data dan pengujian hipotesis penelitian/penyimpulan pada makalah seminar.

Tugas Individu :
1.      Aktif menghadiri minimal 3 (tiga) kali seminar usulan penelitian mahasiswa di Jurusan Pendidikan MIPA atau seminar ilmiah yang diselenggarakan di dalam maupun di luar kampus.
2.      Menyusun proposal atau makalah seminar tentang fenomena fisis atau pendidikan fisika mengacu pada panduan penulisan karya ilmiah UM Metro, dengan ketentuan :
a.   Propsal/makalah dijilid soft cover dilapisi plastik (mika) warna merah.
b.  Format penulisan mengacu pada aturan penulisan karya ilmiah (baca: Buku Panduan Penulisan Karya Ilmiah UM Metro).


Penilaian :
a.  Mahasiswa berhak memperoleh nilai akhir (NA) apabila :
1)              Mengikuti minimal 80% tatap muka.
2)              Menyerahkan semua tugas-tugas yang dibebankan.
3)              Mengikuti UTS dan UAS.
4)              Tidak melakukan pelanggaran etika dan peraturan akademik.
b. Komponen dan Bobot Penilaian Akhir:
1)  Tugas-Tugas (meliputi tugas mandiri/kelompok, proposal/makalah ilmiah) bobot nilainya 30%.
2)  Presentasi proposal penelitian/makalah seminar bobot nilainya 30%
2)  Ujian Tengah Semester  (UTS) bobot nilainya 20%.
3)  Ujian Akhir Semester (UAS) bobot nilainya 20%.
c.  Pedoman Konversi Nilai :
 Catatan :
a.   Apabila nilai akhir telah dikeluarkan (ditempel) tidak melayani perbaikan, perbaikan berlaku pada masing-masing komponen dengan ketentuan memenuhi persyaratan. Jika akan memperbaiki nilai maka mahasiswa harus menempuh (mengambil) ulang matakuliah ini pada pemaketan matakuliah tahun yang akan datang.
b.  Semua berkas (tugas-tugas, proposal/makalah, jawaban UTS/UAS) yang telah dinilai, dikembalikan kepada mahasiswa.

                                                                                                Metro, 24 Februari 2015
                                                                                               
Penangung Jawab MK,



                                                                                                Drs. Partono, M.Pd.
                                                                                                NIDN. 0013046603
Share:

Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

1,684

WAKTU SHALAT

Blogger templates

Kita hidup berdampingan dengan beragam suku dan bahasa, jadikan perbedaan tersebut menjadi hal yang mengikat kita satu sama lain

BTemplates.com